E-ARSIP

KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN
PERUMAHAN RAKYAT

Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Arsip Terjaga di Kementerian PUPR

Jakarta, Oktober 2021- Biro Umum Kementerian PUPR telah menggelar kegiatan sosialisasi pengelolaan Arsip Terjaga yang berlangsung pada Senin, 18 Oktober 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan mengundang narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). sebanyak 141 peserta hadir dalam kegiatan ini yang terdiri dari pejabat dan pegawai yang menangani urusan kearsipan.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Bagian Manajemen Bagian Perkantoran dan BMN Setjen, Bapak Priyono. Beliau menuturkan bahwa pengelolaan arsip terjaga ini merupakan sub aspek dalam pengawasan kearsipan yang dilakukan secara rutin setiap tahun oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. Untuk itu dengan mengadakan kegiatan ini setidaknya dapat mengungkit nilai yang diperoleh Kementerian PUPR dalam pengawasan kearsipan menjadi lebih baik khususnya di sub aspek tersebut.

Lebih lanjut, terdapat dua materi yang dipaparkan oleh narasumber yakni Penyelamatan Arsip Terjaga (Pelaporan dan Penyerahan Salinan Autentik) yang disampaikan oleh Direktur Akuisisi ANRI, Bapak Rudi Anton dan Identifikasi Arsip Terjaga oleh Bapak Tato Pujiarto selaku Koordinator Kelompok Substansi Akuisisi Arsip I ANRI.

Ke depannya, Kementerian PUPR perlu membentuk tim kerja pengelolaan Arsip Terjaga dengan unsurnya antara lain Biro Umum, Unit Organisasi terkait dan juga ANRI untuk melakukan identifikasi secara seksama mengenai arsip terjaga berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing Unit Kerja di Kementerian PUPR. (mh)

  




Urusan Kearsipan Kembali