E-ARSIP

KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN
PERUMAHAN RAKYAT

Peran Arsip di Era Digitalisasi pada Acara PUPR 4.0 EXPO

Jakarta, Maret 2019 -- Biro Umum berpartisipasi dalam kegiatan PUPR 4.0 Expo yang diselenggarakan di Ruang Serba Guna Gedung Utama Kementerian PUPR mulai tanggal 11 s.d 15 Maret 2019. Biro Umum menampilkan aplikasi yang menggunakan teknologi informasi yaitu E-Arsip dan Tata Naskah Dinas Elektronik. 

Pada sambutan pembukaan, Ibu Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR menyampaikan bahwa dalam era dimana arus informasi bergerak dengan sangat cepat, instansi pemerintah harus mampu mengimbangi kondisi tersebut. Salah satu cara menyiasati situasi yaitu dengan mengoptimalkan teknologi dalam bentuk aplikasi-aplikasi yang mendukung pelayanan prima yang diberikan ke publik internal mauou publik eksternal.

E-Arsip merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi yang dapat mendata, menyimpan, menampilkan, dan hingga mencetak informasi fisik arsip, khususnya arsip vital tentang pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan oleh Kementerian PUPR. Fisik arsip tetap dipelihara dengan cara pemberkasan dan penataan arsip. E-Arsip menjamin kerahasiaan data yang terekam karena user name dan password operator dan verifikator hanya diberikan kepada Unit Kerja yang telah disetujui untuk menggunakan aplikasi ini. Sampai dengan hari ini, Unit Kerja yang telah bergabung terdiri dari 51 Balai dan Balai Besar di lingkungan Ditjen Sumber Daya Air dan Bina Marga, dan 6 Unit Sekretariat Ditjen/Badan.(sr)


Sub Bagian Kearsipan Kembali