E-ARSIP

KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN
PERUMAHAN RAKYAT

Kegiatan Uji Coba E-Arsip Kementerian PUPR (untuk Operator)

Jakarta,  Desember 2018 – Biro Umum, dalam hal ini Bagian Administrasi Perkantoran, telah menyelenggarakan kegiatan Uji Coba E-Arsip Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di 3 (tiga) lokasi pada bulan Agustus, Oktober dan November.

Kegiatan Uji Coba E-Arsip Kementerian PUPR secara garis besar bermaksud untuk mengembangkan sistem penyimpanan informasi arsip vital dengan memanfaatkan teknologi media elektronik sehingga informasi yang tersimpan dapat tertata dan terdata sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung penyelenggaraan Sistem Kearsipan Nasional melalui pendekatan pengembangan sistem dan metode pengolahan arsip demi terjaminnya ketersediaan fisik dan informasi arsip, khususnya arsip vital.

Biro Umum mengundang Kasubbag dan Petugas Pengolah Arsip dari 34 (tiga puluh empat) Balai/Balai Besar Ditjen Sumber Daya Air, 15 (lima belas) Balai/Balai Besar Ditjen Bina Marga, serta 5 (lima) Sekretariat Ditjen dan Badan. Narasumber yang dihadirkan dari Internal Biro Umum yang menjelaskan tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Identifikasi Arsip Vital, Simulasi E-Arsip Kementerian PUPR.

Peserta membawa data softcopy arsip vital antara lain yaitu data pengadaan barang/jasa mulai dari dokumen kualifikasi hingga gambar pendukung seperti DED, Shop Drawing, dan As Built Drawing. (sr)

Sub Bagian Kearsipan Kembali