E-ARSIP

KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN
PERUMAHAN RAKYAT

Workshop Penilaian Kinerja Arsiparis

Workshop Penilaian Kinerja Arsiparis


Workshop Penilaian Kinerja Arsiparis dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 12 Januari 2018 di Ruang Serbaguna Lantai Dasar Gedung Utama Kementerian PUPR, diikuti oleh 70 (tujuh puluh) orang peserta yang terdiri dari 7 (tujuh) orang perwakilan dari Bagian Kepegawaian dan Ortala, Sekretariat Unit Organisasi, dan 69 (enam puluh sembilan) orang Arsiparis.


Materi workshop disampaikan oleh Arsiparis Muda dari Direktorat SDM Kearsipan dan Sertifikasi Arsip Nasional RI, Ibu Widya Wahyuni Setiyaningrum, S.T. Penyampaian materi disertai dengan simulasi/latihan pengisian SKP. Beberapa poin dalam penyusunan SKP antara lain:

a.  SKP untuk masing-masing jenjang jabatan berdasarkan penetapan kinerja unit dengan mendasarkan kepada tingkat kesulitan dan syarat kompetensi untuk masing-masing jenjang jabatan.

b.  Penilaian Kinerja dilakukan terhadap SKP (tugas pokok + tugas tambahan) dengan memberi Nilai Kualitas terhadap hasil kerja arsiparis sesuai Standar Kualitas Hasil Kerja Arsiparis.

c. Untuk mendukung kualitas hasil kerja maka Arsiparis yang melaksanakan kegiatan kearsipan wajib mengumpulkan kelengkapan bahan penilaian kinerja sesuai bukti kerja Arsiparis. Bukti  kerja Arsiparis meliputi bukti fisik dari setiap kegiatan kearsipan dan dasar untuk melakukan kegiatan kearsipan, contoh: Surat Keputusan (SK), Surat Perintah/Surat Tugas, instruksi tertulis, instruksi lisan maupun mandiri.


Pada kesempatan ini juga dibentuk Paguyuban Arsiparis Kementerian PUPR yang nantinya diharapkan dapat menjadi ranting dari Asosiasi Arsiparis Indonesia.


https://setjen.pu.go.id/biro_umum/ Kembali